Jelaskan Keuntungan Menggunakan Server Softswitch dan Fungsinya!

Sebagian dari kamu mungkin masih bingung dengan server softswitch dan manfaatnya. Hal ini lantaran banyak juga di internet yang bertanya jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch

Namun sebelum membahas manfaat atau keuntungan, kamu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Setelah itu tinggal kamu pahami server softswitch mulai dari keuntungan, cara kerja dan fungsinya. Untuk memudahkan di artikel ini akan dijelaskan semua hal tentang server softswitch. 

Apa itu Server Softswitch?

Sebelum menjawab pertanyaan jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch maka kamu perlu mengetahui pengertiannya. Softswitch adalah perangkat lunak yang digunakan dalam telekomunikasi dan mampu menghubungkan telepon dari saluran satu ke yang lainnya. 

Dengan demikian softswitch ini bisa diartikan sebagai alat yang dapat menghubungkan jaringan sirkuit dan paket. Sehingga hal-hal yang termasuk didalamnya seperti jaringan telepon tetap (PTSN), kabel TV, internet berbasis IP, dan jaringan seluler yang berkemabang sekarang. 

Dari sisi kemampuan, alat ini juga sama dengan telepon biasa bahkan lebih karena bisa untuk panggilan video. Salah satu contoh dari penggunaan softswitch ini adalah aplikasi Skype. Dengan tools tersebut maka akan menghubungkan antara pemanggil dan orang yang dipanggil. 

Baca Juga: Pengertian dan Cara Install Ubuntu VPS Server Tercepat

Keuntungan Menggunakan Server Softswitch

Ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan server softswitch ini diantaranya:

Kebutuhan Bisnis

Ketika ada pertanyaan jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch maka salah satu jawabannya untuk bisnis. Dikatakan demikian karena ini terkait dengan skalabilitas yang ditawarkan di server tersebut. 

Dengan server ini maka pengguna bisa melakukan proses otorisasi di beberapa tugas yang berbeda. Dengan satu server ini, pengguna bisa melakukan penagihan, merekam panggilan dan melakukan pengiriman pesan suara. 

Biaya Lebih Murah

Jawaban lain ketika ada pertanyaan jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch adalah dari sisi biaya lebih terjangkau. Ini dibuktikan dengan lebih sedikitnya perangkat keras yang digunakan. Proses seperti ini tentu lebih menguntungkan daripada yang model tradisional dan butuh banyak perangkat. 

Ketika ingin dilakukan proses upgrade pun, softswitch hanya membutuhkan perangkat lunak atau software baru. Cara ini tergolong lebih efektif karena pengguna tidak perlu membeli perangkat keras yang baru. 

Kemudahan Pembayaran

Software satu ini juga sering digunakan oleh beberapa konsultan atau mereka yang bergerak di firma hukum. Jadi mereka menggunakan tools ini untuk berkomunikasi dengan klien ketika mereka meminta pendapat atau sedang berkonsultasi. 

Dalam hal ini tentu prosesnya dilakukan secara virtual dan pihak konsultan atau firma bisa memasukkan di fitur penagihan. Dengan cara ini maka fitur ini otomatis terkirim ke klien untuk meminta tagihan sejumlah uang tertentu. Jadi selama waktu panggilan tersebut nantinya akan dihitung dengan tools ini 

Baca Juga: Apa Itu Client Server? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

Menghubungkan Jaringan Internet

Manfaat atau keuntungan lainnya adalah mampu mengkoneksikan jaringan internet. Hal ini seperti yang sudah dipraktekkan oleh para provider jaringan WiFi dimana bisa terhubung antara jaringannya. 

Jadi dari pertanyaan jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch maka jawabannya adalah untuk bisnis, biaya terjangkau, dll. Semua ini proses dengan online sistem dan cukup menggunakan perangkat lunak saja. 

Fungsi Softswitch

Ketika pertanyaan jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch sudah terjawab maka kini beralih ke fungsi dari tools tersebut. Fungsi dari aplikasi ini cukup beragam dan berikut ulasannya:

Switching

Dalam jaringan komunikasi, komponen yang cukup penting diantaranya adalah teknik switching. Dengan cara ini jelas proses komunikasi bisa poin to point dan tidak harus menggunakan langsung kedua node yang ada. 

Selain itu server softswitch juga mampu memutuskan dan menghubungkan antara PSTN dengan IP–PBX. Bahkan aplikasi ini juga mampu mengatur lalu lintas berupa video, suara dan juga data. 

Pensinyalan

Lalu fungsi lainnya itu berupa pensinyalan antara Gateway Controller dan protokol SIP. umumnya untuk gateway di atas ini menggunakan protokol Megaco H 323 dan proses ini menjamin proses kerja sistem yang optimal. 

Kontrol

Dalam fungsi melakukan kontrol ini dilakukan di media Gateway Controller. Di perangkat tersebut proses untuk memvalidasi, mengarahkan dan menyediakan akses kepada semua user. 

Selain itu pengguna juga bisa membuat rute pensinyalan ke setiap jaringan PSTN yang ada. Ketika itu sudah siap maka perangkat ini akan bekerja sesuai instruksi pensinyalan dari data yang ada di pusat. 

Interface

Softswitch ini memiliki interface cukup canggih yaitu Application Programming Interface. Dengan fitur tersebut maka pengguna bisa mengembangkan atau menambah beberapa server. Dengan cara ini tentu bisa menjadi opsi untuk menambah layanan baru 

Jadi terkait pertanyaan jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch ini diantaranya untuk bisnis, biaya lebih terjangkau dan menghubungkan jaringan. Lalu dari sisi fungsi juga cukup beragam mulai dari kontrol, interface, pensinyalan dan switching. 

Salah satu contoh yang terlihat dari penggunaan server ini ada pada aplikasi Skype. Dengan aplikasi ini jelas bisa menghubungkan satu dengan lain baik kirim pesan, panggilan video, dll.