Cloud Hosting Adalah: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Sekarang ini, blogger maupun pebisnis online lebih suka menggunakan cloud hosting daripada shared hosting jenis yang lain. Padahal cloud hosting adalah penyedia web server yang mahal. Sekalipun demikian, ternyata user tidak terlalu mementingkan budget yang penting server dan website bekerja maksimal.

Baca Juga: Computer yang Meminta Nomor IP Disebut Apa? Penasaran, Ini Jawabannya

Faktanya memang demikian kalau cloud hosting memang jenis web server yang berkualitas. Bahkan developer marketplace harus menggunakan layanan hosting ini kalau ingin kinerja website-nya lebih stabil. Nah, ulasan lengkap terkait cloud hosting adalah, akan dijelaskan di artikel ini.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah web hosting yang menggabungkan beberapa resource dari banyak server berbeda. Sedangkan fungsinya adalah meningkatkan performa dan networking speed dari sebuah website. Pada umumnya web hosting ini digunakan khusus blog yang memiliki traffic tinggi.

Performa website dibutuhkan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi client. Maka dari itu, jenis hosting yang digunakan harus tepat serta yang bisa mendukung site performance tersebut. Sebaliknya jika performa website yang lemah, maka otomatis tidak ada client yang bersedia meminta akses pada server yang digunakan.

Kelebihan Cloud Hosting

Cloud hosting adalah web server yang memiliki kelebihan lebih banyak dibandingkan shared hosting. Salah satu kelebihannya ialah membantu meningkatkan kecepatan jaringan. Nah, kalau ingin mengetahui kelebihan yang lainnya, silakan baca ulasan berikut:

1. Akses Data Menjadi Lebih Mudah

Kalau Anda menggunakan web hosting cloud hosting, maka bisa dipastikan cara mengakses data akan menjadi lebih mudah. Sebab, Anda tidak hanya bisa mengakses via satu jalur perangkat client tetapi juga bisa dari perangkat client yang lain. Bahkan Anda juga bisa open file dari mana saja serta no limit timer.

Karena alasan ini maka traffic website akan cepat meningkat kalau menggunakan cloud hosting. Sebab, jumlah kunjungan jauh lebih banyak serta akses data menjadi fleksibel. Untuk itu, kalau Anda seorang developer blog skala besar maka pakai saja layanan cloud hosting untuk server-nya.

2. Konfigurasi Server Lebih Fleksibel

Kelebihan menggunakan cloud hosting adalah client bebas menentukan resource yang ingin digunakan serta bebas melakukan konfigurasi website. Di dua aktivitas ini, client benar-benar bekerja sendiri tanpa campur tangan orang lain. Kecuali si client meminta bantuan kepada admin dan ahli IT.

Baca Juga: Ini Dia Server VPN Gratis Tercepat dan Juga Aman, Yuk Jajal!

Karena alasan inilah maka pengelolaan website menjadi lebih fleksibel lagi. Client memiliki kebebasan mengotak-atik server sesuai keinginannya. Termasuk bisa memasukkan fitur eksternal ke dalam layanan hosting selama bisa membuatnya dan paham bahasa pemrograman.

3. Biaya Operasional Lebih Terjangkau

Ternyata biaya operasional cloud hosting jauh lebih murah dibandingkan hosting web tradisional. Karena web hosting tradisional biasanya membutuhkan banyak perangkat bahkan terkadang ada satu perangkat yang harus terhubung juga pada satu server. Sedangkan kalau menggunakan cloud hosting, client cukup menggunakan satu perangkat server saja untuk banyak komputer.

Hosting tradisional masih belum mengenal teknologi penggabungan resource. Sedangkan cloud hosting sudah dilengkapi teknologi yang bisa menggabungkan banyak sumber daya dari beberapa server berbeda. Makanya, satu komputer saja sudah cukup untuk dijadikan server dari banyak komputer client.

4. Keamanan Data Lebih Terjamin

Tentunya Anda membutuhkan server hosting yang bisa menjadi jaminan keamanan data. Nah, kalau demikian keinginan Anda maka cloud hosting layak dicoba. Pasalnya, web hosting ini sudah dilengkapi security system yang tinggi. Alhasil, data lebih aman sekalipun open access selama 24 jam.

Keamanan data di dalam server memang sangat penting. Apalagi yang terkait dengan money identity yang tidak boleh diketahui orang lain. Untuk itu, silakan gunakan web hosting yang tepat. Nah, cloud hosting bisa menjadi solusi terbaik untuk mencegah terjadinya hacking activity pada data.

Cara Kerja Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan web hosting yang dilengkapi teknologi canggih. Yang mana dengan adanya teknologi ini, server bisa mengambil sumber daya (resource) dari beberapa perangkat lalu di bagi-bagi menjadi server yang berbeda. Nah nantinya server-server ini akan digabung hingga tercipta satu lalu lintas jaringan.

Lalu lintas jaringan itulah yang akan dipakai client ketika melakukan saving maupun open asses file. Alhasil, loading jaringan menjadi lebih cepat dan performa website juga semakin bagus. Nah dari sistem kerja ini bisa dilihat kualitas dari cloud hosting.

Cloud Hosting, Web Hosting Paling Bagus

Cloud hosting adalah web hosting jaringan yang paling bagus dan bermutu tinggi. Selain bisa meningkatkan performa website, biaya operasional perangkat juga lebih murah. Maka dari itu, sangat wajar kalau blogger maupun pengusaha online lebih memilih menggunakan web hosting ini daripada yang lain.

Tentunya sekarang Anda sudah tahu kalau cloud hosting adalah web hosting tertentu yang akan membantu meningkatkan performa website. Selanjutnya, Anda tinggal memilih apakah akan menggunakan layanan ini atau justru memakai shared hosting. Cuma sepertinya, ke depan layanan cloud hosting yang akan lebih rekomended.