Komunikasi Client Server Bekerja Dengan Cara Apa?

Model dari client server ini bisa terlihat pada struktur aplikasi dari penyedia sumber daya dan pemohon layanan. Umumnya komunikasi client server bekerja dengan cara mengirimkan pesan ke server terlebih dahulu. 

Jadi prosesnya client atau pemohon layanan ini mengirimkan pesan terlebih dahulu ke sumber daya. Setelah itu pihak server akan menanggapi dan melakukan konfirmasi terlebih dahulu. 

Hal seperti ini sering dilakukan di jaringan komputer dengan model perangkat keras yang terpisah. Untuk memahami semua proses ini maka kamu harus mengetahui bagaimana peran dari client server ini. 

Meski client server ini terkesan cukup rumit namun nyata dalam keseharian sering dipraktekkan. Hal ini bisa terlihat dari komunikasi client server bekerja dengan cara mengirimkan pesan via email, World Wide Web (WWW). 

Baca Juga: Ini Dia Berbagai Macam VPS Cpanel yang Gratis Hingga Berbayar

Peran Client Server

Rata-rata karakteristik dari client server ini menggambarkan adanya hubungan suatu program yang bekerja sama dalam satu tools atau aplikasi. Jadi dari server ini disediakan beberapa fungsi ke satu atau beberapa klien yang ada. Namun dalam proses kerjanya klien yang melakukan permintaan terlebih dahulu. 

Dalam hal ini server dikelompokkan dalam suatu layanan sebagai bentuk dari penerima layanan. Contohnya server web yang melayani halaman web sedangkan server file melayani file komputer. Jadi komunikasi client server bekerja dengan cara mengakses web terlebih dahulu kemudian informasi akan ditampilkan di layar. 

Lalu untuk sumber daya atau server ini terdiri dari beberapa perangkat lunak dan komputer server yang sifatnya elektronik. Selain itu bisa juga dari program dan data hingga prosesor dan perangkat penyimpanan. 

Contoh satu komputer ini menjalankan server web dan di waktu yang sama server file menyajikan data yang berbeda kepada klien. Server file ini kemudian membuat berbagai jenis permintaan ke server web. 

Dalam kasus yang seperti ini komputer klien ini bisa saling berkomunikasi dengan perangkat server dalam satu komputer yang sama. Tidak hanya dengan klein, bentuk komunikasi sering juga terjadi antar server. Biasanya komunikasi client server bekerja dengan cara menyinkronkan data atau sering disebut server ke server. 

Prinsip Kerja Komunikasi Client Server

Antara client dan server ini memang saling berhubungan dimana posisi server sebagai sumber daya dan dipersiapkan untuk kebutuhan client. Sedangkan klien sendiri akan meminta sumber daya atau layanan ke server saat di akses.

Dengan demikian komunikasi client server bekerja dengan cara meminta lalu menerima jawaban umpan balik. Sehingga klien harus melakukan permintaan terlebih dahulu dan selanjutnya server akan mengirimkannya. 

Dalam bentuk komunikasi ini yang harus diperhatikan adalah antara klien dan server harus punya ketentuan yang sama. Mulai dari kapan mengirimkan kemudian kapan menerima dan apa yang dikirim dan apa pula yang perlu diterima. 

Dalam bahasa IT hal seperti ini sering disebut protocol atau cara interaksi antara dua pihak atau lebih. 

Sejatinya server ini juga menjalankan aplikasi dan menerima layanan server dari database. Sehingga hubungan client server ini tidak akan terjadi kecuali klien yang meminta layanan terlebih dahulu dari sumber daya atau server. Mudahnya tidak mungkin server tiba-tiba mengirimkan data yang tidak diinginkan ke klien. 

Dengan demikian komunikasi client server bekerja dengan cara mengikuti protokol yang sama. Jika diibaratkan protocol ini proses pembicaraan antara manusia dengan manusia dan ini sudah pasti terhubung. Namun kalau manusia dengan hewan tentu tidak terkoneksi karena protokolnya berbeda. 

Dengan demikian protokol dalam hal ini berposisi sebagai penghubung antara klien dan server. Karena sudah sama-sama dalam satu protokol maka ada bentuk komunikasi diantara keduanya. 

Untuk protokol ini juga jumlahnya bisa satu atau lebih tergantung kebutuhannya. Semua protokol bisa sama-sama berjalan ketika memahami setiap protokol dan tidak ada masalah di dalamnya. 

Baca Juga: Awas Scam! Ini Dia Rekomendasi Situs Legit Pengganti Fortex Cloud Mining, Mau Tahu?

Kelebihan Client Server

Ada beberapa kelebihan yang ada di klien server ini ketika digunakan diantaranya sebagai berikut:

Punya Kontrol penuh

Dengan menggunakan klien server otomatis kamu memiliki kontrol penuh dan dapat melakukan backup data. Proses ini semua juga langsung terpusat oleh server dan ini jelas sangat menguntungkan bagi para penggunanya. 

Skalabilitas

Seperti dijelaskan di atas bahwa protokol itu bisa lebih satu selama dalam satu ketentuan sama. Dengan demikian kamu bisa juga menambah jumlah server atau komputer pada perangkat klien. Meski jumlahnya banyak tetap tidak akan berpengaruh ke kinerja server. 

Keamanan

Bentuk keamanan ini berupa proses pengawasan dan membatasi setiap aktivitas dari akses data atau informasi dalam server itu. Dengan kata lain server dapat melakukan pembatasan informasi yang nantinya diberikan ke user. Dengan demikian pengguna hanya mendapatkan informasi sesuai dengan haknya. 

Jadi komunikasi client server bekerja dengan cara mengirimkan pesan lalu mendapatkan informasi data yang dibutuhkan. 

Dalam mengakses setiap informasi ini tidak seluruh data yang diminta akan dikirimkan. User hanya bisa mengakses setiap data atau informasi sesuai dengan haknya.