VPS Hostinger: Pengertian, Fitur dan Keunggulannya

Di zaman yang serba digital banyak juga orang yang mencari VPS dan salah satu yang direkomendasikan ada pada VPS Hostinger. Jenis VPS ini memiliki fitur yang sangat canggih dan akan membantu kamu melakukan proses pengaturan.

Ketika VPS ini kamu dapatkan maka didalamnya sudah ada tutorial lengkap terkait bagaimana proses konfigurasinya. Selain itu di VPS ini juga ada pilihan paket yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Pilihan pada VPS yang ada di Hostinger ini karena dari sisi kelebihannya memang lebih unggul dari penyedia layanan lainnya. Lalu apa itu VPS dan apa saja fitur yang ada di Hostinger ini? Yuk simak ulasannya di artikel ini. 

Apa itu VPS Hostinger?

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah server yang sudah di partisi secara terpisah bagi setiap penggunanya. Karena itu maka user bisa mengontrol, mengkonfigurasi server virtua tersebut. Karena konsep yang demikian maka VPS lebih disukai khususnya bagi mereka yang membutuhkan daya besar. 

Karena punya kontrol penuh maka layanan ini memang bersifat self-managed. Jadi pengguna lah yang nantinya punya tanggung jawab untuk mengelola server yang sudah dibeli itu. Meski demikian pihak Hostinger akan membantu kamu dengan tutorial lengkap dan juga saat mengurus kecepatan, uptime, dll. 

Di Hostinger sendiri, VPS ini memang terbagi menjadi dua bagian yaitu VPS Hosting dan VPS Linux. Perbedaannya hanya pada sistem operasi dimana untuk VPS hosting digunakan di sistem operasi Windows, Mac, dll. Sedangkan VPS Linux hanya dikhususkan untuk pengguna Ubuntu dan Fedora. 

Baca Juga: Pengertian dan Cara Install Ubuntu VPS Server Tercepat

Fitur VPS Hostinger

VPS yang ada di Hostinger ini memiliki beberapa fitur unggulan, diantaranya sebagai berikut:

Processing Power dan SSD

Ketika kamu membeli VPS di Hostinger maka di dalamnya sudah dilengkapi Intel Xeon processor dan RAM 512GB. Dengan kekuatan ini tentu proses akses datanya tergolong tinggi. Jadi kamu bisa lebih leluasa untuk membuat proyek baik yang kapasitasnya medium hingga besar. 

Kecepatan up to 100 Mb/s

Saat website yang kamu miliki menggunakan VPS ini maka dari sisi loading pada website akan lebih cepat. Bahkan pihak Hostinger memberikan garansi uptime hingga 99,9%. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir lagi jika website tersebut akan down secara tiba-tiba. 

AI Firewall

Fitur unggulan lain yang ada pada VPS ini adalah AI Firewall dimana tekniknya menggunakan machine learning yang canggih. Dengan fitur tersebut nantinya bisa memblokir konten berbahaya, analisa trafik jaringan dan jaminan keamanan tambahan di VPS. 

Root Access Penuh

Dengan VPS maka kamu tidak diberikan batasan apapun dalam mengelola server. Jadi dengan full root access bisa membuat kamu lebih leluasa dalam mengkostumisasi private server VPS. selain itu, kamu bisa juga melacak semua sumber atau resource secara real time. 

IPv6 Dedicated

VPS Hostinger ini juga dilengkapi dengan ada IPv6 yang merupakan teknologi saat ini. Dengan demikian server ini akan terhindar dari masalah jaringan, dan membuat koneksi kamu tetap aman dan efisien. 

Backup dan Snapshot

Untuk fitur terakhir yang ada fi VPS ini adalah pengguna bisa melakukan backup secara otomatis dan live di Snapshot. Tujuan dari proses ini tentu untuk memulihkan semua file yang ada di website kamu. 

Paket Layanan di VPS Hostinger

Untuk paket yang tersedia di VPS ini cukup beragam mulai dari paket 1 hingga paket 8. Semua paket ini dari sisi harganya mulai 58 ribu hingga 1.1290.000 per bulannya. Kamu tinggal memilih paket mana yang akan dipilih dan pastikan sesuai dengan kebutuhan. 

Lalu untuk RAM, CPU dan yang lainnya tergantung paket yang dipilih. Semakin mahal harga paket maka kapasitas RAM akan semakin besar. Di VPS RAM paling kecilnya mulai 1GB dan yang terbesar itu 16GB. 

Baca Juga: Ini Dia Penyedia Layanan Cloud Hosting Free Trial, Apa Saja?

Keunggulan VPS Hostinger

Bagi kamu yang ingin menikmati VPS dengan kualitas terbaik maka bisa memilih di Hostinger karen memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

Kontrol Penuh 

Setiap pengguna yang menyewa VPS di Hostinger ini akan diberikan hak full akses secara penuh. Dengan demikian pengguna bisa mengontrol setiap sistem operasi yang ada di dalamnya. 

Kamu bisa melakukan konfigurasi pada lingkungan server dan menentukan sendiri jumlah resourcenya. Jadi kamu bisa menentukan resources pada satu atau beberapa website di dalam VPS Hostinger tersebut. 

Performa Tinggi

Ketika memutuskan untuk menyewa VPS di layanan ini maka di dalamnya sudah termasuk disk space, RAM dan VPS. Dalam mengontrol itu, kamu akan diberikan akses sesuai dengan layanan yang kamu pilih hostinger ini. 

Dengan cara seperti ini maka performa web yang kamu miliki tidak akan terpengaruh oleh web lain di VPS Hostinger ini. Hal ini karena layanan VPS yang ada memang dikhususkan untuk berbagai situs dan aplikasi online dengan kualitas yang powerfull dan stabil. 

Mudah di Upgrade

Terkadang beberapa pengguna membutuhkan banyak resource sehingga memerlukan VPS dengan spesifikasi lebih tinggi. Dengan cara ini maka kamu bisa memilih paket yang lebih besar. 

Menariknya lagi, kamu tidak perlu melakukan transfer file dan ini akan membuat situs kamu tidak akan down. Jadi kamu tinggal login di control panel lalu pilih paket dan selanjutnya tinggal dilakukan proses upgrade. 

Punya Banyak Data Center

VPS Hostinger memiliki banyak data center dan lokasinya ada di berbagai negara. Untuk pilihan negaranya meliputi Brasil, Amerika Serikat, United Kingdom, Belanda, Singapura dan Lituania. 

Dengan tersebarnya ke berbagai negara ini tentu untuk meminimalisir adanya latensi dan memaksimalkan suatu keandalan. Dengan demikian kamu bisa memilih data center yang cukup dekat dengan target audient. Cara ini cukup efektif agar kinerja dari VPS server ini bisa lebih cepat dan mudah untuk di akses. 

Tingkat Keamanan Tinggi

Dengan menggunakan VPS dari Hostinger ini dilakukan dengan proteksi DDoS bawaan dan BitNinja. Dengan cara ini maka kamu dengan mudah bisa melakukan backup secara otomatis dan live di SnapShot. 

Cara ini sering dilakukan ketika website yang kamu miliki sedang dalam kondisi down. Tidak hanya itu adanya dedicated IP juga akan memberikan keamanan ekstra pada VPS yang kamu miliki. 

Mudah Dikelola

VPS Hostinger juga punya dari segi proses manajemen yang cukup mudah karena paket pilihannya cukup beragam. Jadi kamu bisa melakukan kontrol panel dengan cukup mudah karena sistem cukup user friendly. 

Dengan cara ini tentu bisa membuat kamu lebih mudah dan cepat untuk mengatur server yang ada. Kamu juga bisa melacak resource dengan menggunakan dashboard dan bisa mengubah sesuai keperluan. 

Jadi VPS Hostinger ini sangat cocok bagi kamu yang punya bisnis dengan tingkat medium hingga besar dan menggunakan website. Dalam mengoperasikannya butuh proses belajar juga karena harus setting ulang dan tentu berbeda dengan hosting. 

Namun di layanan ini kamu akan dibantu dengan tutorial dan CS yang bisa dihubungi kapan saja. Selain itu dari sisi performanya juga sangat bagus dan VPS juga mudah di upgrade.