Apa Saja Fungsi DNS Server? Ini Penjelasan Lengkapnya Hingga Kelebihannya!

Saat akan mengunjungi sebuah situs website pastinya Anda harus memasukkan URL terlebih dahulu bukan? Nah, URL alias alamat situs website yang Anda masukkan itu tadi merupakan buatan dari DNS Server. Jadi, dapat dikatakan juga bahwa DNS Server sendiri merupakan sebuah sistem yang memudahkan Anda untuk melakukan browsing di internet. Sehingga nantinya Anda tidak harus mengetikkan seluruh rangkaian IP Address yang rumit tersebut hanya untuk mengunjungi situs website. Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai fungsi DNS server dalam sebuah jaringan.

Berbagai Macam Fungsi DNS Server yang Perlu Anda Ketahui

Selain melakukan konversi nama domain domain menjadi IP Address, tentunya ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh DNS Server ini, beberapa di antaranya yaitu :

1. Memudahkan Proses Identifikasi Pada Alamat Situs Website

Fungsi DNS server yang pertama tak lain yaitu untuk memudahkan komputer dalam melakukan proses identifikasi melalui alamat dan juga domain situs website itu sendiri. Sehingga dapat dikatakan juga bahwa nantinya Anda maupun perangkat komputer tidak perlu melakukan proses identifikasi secara manual terhadap masing-masing pasangan IP Address beserta nama domainnya.

Sebab nantinya Anda hanya perlu mengetikkan nama domain maupun IP Address saja pada browser. Setelah itu Anda akan langsung terhubung pada situs website yang dituju tadi tentunya. Sebab pada saat Anda mengetikkan nama domain atau IP Address pada kolom search bar di browser maka DNS Server tersebut secara otomatis akan melakukan identifikasi untuk user.

Baca juga: Belum Banyak Yang Tahu Ini Dia Definisi Hingga Kegunaan VPS Windows Server

2. Dapat Menerjemahkan IP Address

Salah satu fungsi DNS Server yang tak kalah penting yaitu dapat digunakan untuk menerjemahkan IP Address. Sebab nantinya Anda tidak harus menghafalkan IP Address secara lengkap karena akan diterjemahkan oleh DNS Server secara langsung. Jadi Anda akan langsung menuju situs yang di maksud tanpa harus mengetikkan IP Address secara manual.

Jika tidak menggunakan DNS Server maka tentunya Anda harus menghafalkan IP Address pada situs website tersebut. Padahal ada banyak sekali angka rumit yang sangat sulit untuk dihafalkan, maka dari itu fungsi DNS server yang satu ini sangat penting diketahui. Jadi para user lebih mudah mengingat nama domain dari situs website itu tadi.

3. Mampu Menyediakan Alamat IP Untuk Masing-Masing Host

Singkatnya host sendiri merupakan istilah lain dari rumah milik para pengembang situs website. Sehingga nantinya setiap situs website yang menggunakan host tersebut dapat diakses oleh publik atau khalayak. Jadi, dapat dikatakan juga bahwa fungsi DNS server yang ketiga ini berguna untuk menyediakan IP Address untuk setiap host.

Dengan begitu nantinya bisa diakses oleh kalangan umum secara lebih mudah. Di sisi lain, masing-masing host yang sudah terhubung ke dalam jaringan internet nantinya akan mempunyai setiap IP Address. Jadi dapat dikatakan juga bahwa hal ini berlaku untuk situs website milik Anda sendiri. Sehingga situs website milik Anda tersebut akan jauh lebih mudah diakses dan juga dicari oleh para pengguna internet secara luas.

4. Proses Pencarian Data Pada Cache Dapat Dilakukan Dengan Mudah

Apabila Anda amati lebih jauh tentunya proses pencarian website yang sering dibuka akan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan situs yang baru. Sebagai contohnya Anda sering mengetikkan Google daripada GMAIL pada kolom pencarian di browser. Maka nantinya jika Anda baru mengetikkan huruf “G” yang akan muncul di kolom pencarian itu tadi adalah Google.

Jadi bisa dikatakan juga bahwa rekomendasi pertama yang muncul di search bar tersebut adalah Google karena memang sering dibuka. Sedangkan untuk GMAIL sendiri kemungkinan besar tidak muncul sama sekali atau bisa jadi di bagian akhir. Melalui hal tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa DNS Server tersebut berguna untuk melakukan proses pencarian data cache menjadi lebih mudah.

Baca juga: Bingung Pilih Web Hosting Indo yang Terbaik? Ini Rekomendasinya!

Sebab nantinya DNS Server tersebut akan melakukan proses pencarian data situs website yang pernah dikunjungi secara cepat dan juga tepat. Jadi, Anda hanya tinggal mengetikkan satu huruf di depannya saja seperti yang telah dijelaskan di awal tadi. Dengan begitu nantinya DNS Server tersebut tidak akan bekerja lebih keras lagi untuk melakukan proses identifikasi maupun pencarian pada domain situs website.

Ini Dia Beragam Kelebihan yang Bisa Anda Dapatkan Jika Menggunakan DNS Server

Setelah mengetahui fungsi DNS server yang ada di atas itu tadi, maka kini saatnya bagi Anda untuk memahami kelebihannya berikut ini.

  •       Mampu menambah kecepatan waktu loading pada situs website
  •       Bisa memudahkan proses pengelolaan nama domain
  •       Memudahkan akses internet tanpa harus memetakan alamat domain
  •       Dapat mengatasi masalah keamanan dan juga privasi
  •       Proses konfigurasi dapat dilakukan dengan mudah

Demikian ulasan artikel mengenai berbagai macam fungsi DNS Server yang wajib Anda ketahui. Selain itu ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh DNS Server tersebut sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan baik ke depannya.