Perintah yang Digunakan untuk Mengedit pada Linux Server Adalah?

Perintah yang digunakan untuk mengedit pada Linux server adalah perintah command line. Apa itu command line? Ini merupakan baris perintah pada Linux yang diketik pada promt dengan diakhiri enter.

Penggunaan cara bertujuan untuk mengeksekusi perintah yang ada. Hingga saat ini, command line masih menjadi salah satu langkah tepat dan efisien dalam membantu melakukan pekerjaan. 

Namun, perintah untuk mengedit bukan hanya itu karena ada lagi yang lebih tepat dalam penjelasan berikut ini. 

Sekilas Pengertian Linux

Dari penjelasan diatas Anda sudah tahu bahwa perintah yang digunakan untuk mengedit pada server Linux adalah command prompt. Namun, tidak sampai situ saja karena Anda perlu tahu pengertian dan perintah Linux lainnya terutama untuk mengedit. 

Sekilas, Linux merupakan suatu sistem operasi yang menggunakan kernel Linux. Kernel adalah bagian terkecil dari sistem operasi yang tugasnya untuk melakukan manajemen memori, cpu dan perangkat tambahan lainnya. 

Linux termasuk salah satu OS open source sehingga kode-kode sumber Linux dapat Anda gunakan, modifikasi dan distribusikan secara bebas. Linux memiliki lisensi yang berada di bawah naungan GNU sehingga gratis tanpa perlu keluar biaya sedikitpun. 

Karena kodenya open source, banyak developer yang mengembangkan OS Linux ini. Sehingga dapat tercipta berbagai macam distro Linux terkenal seperti Redhat, Linux Mint, Ubuntu dan masih banyak lagi. 

Setiap distro Linux tertunya memiliki karakteristik yang berbeda mulai dari kerumitan penggunaan, tampilan hingga tujuan penggunaan. Misalnya untuk hacking, programming, web security, server atau hanya untuk menjalankan aplikasi sehari-hari yang umum. 

Baca juga: Rekomendasi Free Windows VPS Terbaik Tanpa Kartu Kredit

Perintah yang Digunakan untuk Mengedit pada Linux Server Adalah…

Bagi pemula tentu perlu mengetahui banyak hal tentang edit pada Linux termasuk perintahnya. Seperti perintah yang digunakan untuk mengedit. 

Pada dasarnya, perintah yang digunakan untuk mengedit pada Linux server adalah perintah nano. Apa itu perintah nano? Anda bisa mengetahui jika mengikuti penjelasan ini hingga selesai. 

Sebenarnya, ada dasar perintah dari Linux. Dasar perintah yang digunakan untuk mengedit pada Linux server adalah sebagai berikut. 

1. MKDIR

Perintah yang pertama ada command mkdir, sebuah perintah untuk membuat folder baru atau directory baru. Caranya dengan memasukkan perintah mkdir (nama folder). 

Jika kamu ingin membuat perintah lebih dari dua nama, maka tambahan tanda \. Seperti perintah mkdir nama folder\nama folder. 

2. CD

Cd merupakan salah satu perintah Linux yang digunakan untuk masuk ke sebuah directory. Contohnya cd download, yang mana ini adalah perintah untuk masuk ke dalam direktory download. 

Karena command cd sangat case sensitive, kamu perlu memasukkan nama folder yang tepat tanpa ada salah. Jika kamu ingin mengakses folder yang terdiri dari dua nama, maka perlu memasukkan tanda \ di antara nama folder. 

Sedangkan untuk bisa kembali ke folder sebelumnya, perlu masukkan “cd..” yang memiliki arti back atau kembali. 

3. Touch

Touch merupakan perintah server Linux untuk membantu membuat file. Misalnya Anda ingin mengetikkan kata bunga, maka yang cukup ketikkan touch bunga.txt. 

4. Nano

Perintah yang digunakan untuk mengedit pada Linux server adalah command nano. Memang perintah nano ini berfungsi untuk mengedit isi dari suatu file. 

Misalnya, ketika Anda ingin mengedit file, maka tandukannya nano pada bagian file yang ingin dibuka. Secara otomatis file yang ingin Anda edit akan terbuka, kemudian jika ingin menyimpan, bisa tekan ctrl+x. 

5. LS

Dasar perintah Linux selanjutnya adalah ls, sebuah perintah untuk melihat isi suatu direktori atau dokumen. Jika Anda mengetikkan perintah ls, maka akan tampil apa saja yang ada dalam dokumen tersebut.

Perintah yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan apalagi ketika ingin mengedit suatu file Linux dengan perintah nano. Maka, untuk mengetahui file apa saja yang ingin Anda edit harus menggunakan perintah ls. 

Baca juga: Fungsi Utama Web Server Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

6. RM

Tidak lupa ada juga command rm, perintah Linux yang berfungsi untuk menghapus direktori dan file. Contohnya Anda ingin menghapus file bernama old.html, maka perlu memasukkan command rm old.html. 

Namun, jangan sembarangan menggunakan perintah ini untuk menghapus direktori. Karena jika ingin menghapus direktori beserta isinya, Anda harus mengetikkan perintah rm-r. 

7. RMDIR

Rmdir adalah salah satu perintah Linux server yang berfungsi untuk menghapus direktori. Perintah yang satu ini hanya bisa Anda gunakan untuk menghapus direktori kosong saja. 

Jika ingin menghapus direktori yang masih ada isinya, maka Anda harus menggunakan perintah yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

8. Man & -Help

Man & -Help merupakan salah satu perintah Linux untuk mengetahui lebih banyak command-command Linux lainnya serta cara menggunakannya. 

Contohnya, jika Anda ingin mengetahui halaman manual command rm, maka harus mengetik “man rm”. Sedangkan untuk melihat cara penggunaan command tersebut perlu mengetikkan “cd-help”. 

Kesimpulannya, perintah yang digunakan untuk mengedit pada Linux server adalah nano. Bahkan ada banyak perintah Linux lainnya yang bisa Anda ketahui dari penjelasan tersebut.

Apakah artikel ini bermanfaat? Cek juga rekomendasi artikel hostingterbaik.co.id lainnya.