6 Website Speed Tester dan dan Pentingnya Mengukur Kecepatan Situs

Website speed tester memiliki pengaruh yang sangat besar khususnya bagi pemilik situs. Sebab dengan adanya fitur tersebut bisa mempengaruhi pengguna ketika mengakses situs tertentu. 

Jika situsnya tergolong lambat maka user cenderung merasa kesal dan meninggalkan website itu begitu saja. Namun bagi website yang loading cepat maka pengguna akan merasa puas dan lebih sering menjelajah lebih lanjut. 

Untuk mengetahui hal ini ada beberapa situs atau platform tertentu yang bisa di akses oleh user. Menariknya proses pengecekan ini bersifat free atau tanpa perlu berlangganan bulanan. 

baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Upload Script Ke cPanel Supaya Gampang Dikelola!

Tools Website Speed Tester

Untuk mengetahui lambat tidaknya situs yang pengguna miliki bisa di cek menggunakan tools berikut:

PageSpeed Insights

Tools satu ini dibuat langsung oleh Google dan dirilis pada tahun 2010. Pada tahun yang sama, Google juga menjadikan kecepatan situs sebagai indikator untuk menilai dalam hal SEO. 

Tools ini juga bisa di akses melalui berbagai perangkat baik lewat PC atau smartphone. Proses penggunaan ini gratis dan dapat di akses dengan mudah lewat perangkat yang ada. 

Dalam tools tersebut, pengguna akan mendapatkan rangkuman berbagai hasil analisis. Selain itu tools juga akan memberikan masuk terkait apa saja yang perlu diperbaiki terkait peningkatan kecepatan situs. 

GTMEtrix

Selain platform buatan Google, pengguna juga bisa memanfaatkan GTMetrix dalam hal website speed tester. Salah satu keunggulan dari tools ini mampu menilai website dengan indikator A-F. 

Jika nilai website dengan kecepatan yang bagus maka akan mendapatkan nilai A. Selain melakukan penilaian, tools ini juga memberikan rekomendasi terkait berbagai masalah situs. Lalu untuk menggunakan tools ini bisa memilih yang gratis atau berbayar

Webpagetest

Rekomendasi tools lain untuk mengecek kecepatan website bisa memakai Webpagetest. Dengan tools tersebut, pengguna bisa mengecek kecepatan dari perangkat, browser dan lokasi. Semua itu bisa dilakukan secara gratis atau tanpa berlangganan. 

Bentuk keunggulan dari platform ini dari sisi tampilannya cukup sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula. Selain itu proses pengecekan juga beragam mulai dari yang sederhana hingga tingkatan lebih mendalam. 

Pingdom

Website speed tester lain yang bisa dipilih dan reviewnya cukup bagus diantaranya Pingdom. Proses penilaian di tools tersebut menggunakan persentase mulai dari skala 0-100%. Semakin tinggi persentase maka kecepatan website tersebut dinilai sangat bagus. 

Kelebihan dari Pingdom juga mampu mengidentifikasi masalah yang ada pada website. Dengan seperti ini maka pengguna bisa mengetahui terkait apa saja yang perlu ditingkatkan agar kecepatan website bisa lebih bagus. 

KeyCDN Speed Test

Platform lain yang tidak kalah bagusnya dari sebelumnya bisa menggunakan KeyCDN Speed Test. Dengan tools ini mampu menampilkan analisis website sekaligus masalah yang ada pada situs. 

Selain itu, tools ini juga memberikan dari sisi penilaian dengan metode request, kode HTTP, waktu tunggu, ukuran konten, dll. Bukan hanya itu dengan tools ini bisa juga melihat dari sisi kecepatan loading via Javascript, CSS dan lainnya. 

Uptrends

Tools website speed tester gratis lain yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna diantaranya Uptrends. Dengan tools tersebut maka memberikan pengguna gambaran terkait pengalaman akses baik lewat HP atau PC. 

Hasil analisis ketika memakai tools ini diantaranya bisa mengetahui berbagai elemen pada halaman website. Misalnya skrip, file HTML, file CSS, alokasi gamabr dan berbagai elemen lainnya. 

Seberapa Penting Kecepatan Website?

Beberapa orang terkait kurang mengindahkan akan kecepatan website padahal ini sangat penting. Lantas seberapa penting melakukan analisis website tersebut, berikut ulasannya:

Pengalaman User Lebih Baik

Umumnya website yang lambat bisa membuat pengguna enggan menunggu proses loading. Alasannya karena takut waktu yang ada terbuang sia-sia demi terbukanya situs tersebut. Dengan seperti ini maka bisa membuat bounce rate menjadi tinggi pada situs tersebut. 

Akibat dari itu semua bisa membuat user mencari alternatif situs lain yang lebih responsif dan cepat. Karena itu maka para pemilik situs perlu memastikan menggunakan website speed tester untuk memastikan kecepatannya. Tujuannya agar para pengguna tertarik dan tidak meninggalkan website yang ada. 

Peringkat SEO Lebih Tinggi

Kecepatan website tidak hanya terikat pada user tetapi ada kaitannya dengan algoritma perangkat di mesin pencari. Ketika website mengalami loading yang cukup lama maka peringkat SEO akan otomatis turun. 

Lalu website yang perangkatnya tinggi maka ada peluang punya peringkat yang tinggi di hasil pencarian. Dengan alasan itu maka kecepatan website perlu diperhatikan dengan serius agar mampu memberikan paparan lebih besar ke pengunjung.  

Konversi Penjualan Tinggi

Pentingnya website speed tester bukan hanya terkait SEO tetapi konversi penjualan untuk situs online. Umumnya user atau pengguna lebih senang berbelanja di situs yang waktu muatnya lebih cepat. Sebab ketika situsnya lambat maka pengunjung enggan menunggu dan beralih ke situs kompetitor. 

Maka dari itu bagi pemilik situs belanja online maka perlu dipertimbangkan layanan websitenya. Pastikan website berjalan optimal agar lebih banyak menarik para pelanggan dan akhirnya pendapatannya pun meningkat tajam. 

Pengguna Enggan Mengklik Situs yang Lambat

Situs yang sudah diketahui lambat maka akan dihafal oleh pengunjung dan ini akan terus berlanjut. Misalnya pengunjung mengklik kata kunci tertentu dan yang ditampilkan salah satunya website lambat tersebut. 

Meski ada di halaman utama, pengunjung akan enggan untuk mengklik. Hal-hal seperti ini jelas bahwa kecepatan situs sangat berperan penting khususnya dalam meningkatkan retensi. 

Maka dari itu pengguna perlu melakukan pengecekan lewat website speed tester di atas. Jika dalam pengecekan ada yang perlu diperbaiki maka perlu dicari solusi dan harus segera dibenahi agar website bisa dibuka lebih cepat. 

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Situs yang dimiliki pengguna umumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya:

Kualitas Hosting

Hosting punya peranan penting dan cukup berpengaruh pada kecepatan website yang di akses. Jika terlalu banyak website yang ada di hosting dalam satu server maka kecepatannya akan terus menurun. 

Source Code

Website speed tester juga ada kaitannya dengan kode-kode yang ada pada website. Umumnya semakin kompleks kode pada website maka kecepatannya juga semakin lambat. Misalnya kode script berat atau redundan itu bisa ada potensi memperlambat kecepatan situs. 

baca juga: Gunakan Proxy Website Gratis, Siap Jelajahi Konten Sepuasnya!

Ukuran File Halaman

Umumnya website yang dari sisi file halamannya besar maka dibutuhkan waktu untuk membukanya. File halaman ini meliputi video, gambar atau elemen grafis lain pada situs. Namun file halaman yang lebih dikecilkan dan dioptimalkan bisa membuat kecepatan aksesnya lebih cepat. 

Jadi website speed tester ini sangat berpengaruh pada situs baik untuk sekedar berbagi informasi atau bisnis. Maka dari itu perlu mengecek secara berkala melalui tools-tools yang ada di atas. Karena ketika situs sudah lambat maka peringkat SEO rendah, konversi penjualan rendah dan beberapa pengaruh lainnya.