Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Manfaatkan Storage Link Laravel Cpanel Untuk Kelola File!

Saat ini, pengelolaan file menjadi aspek yang begitu krusial dalam pengembangan aplikasi web. Dengan munculnya framework seperti Laravel, proses ini menjadi lebih terstruktur dan efisien. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam mengelola file adalah Storage Link. Lewat artikel ini, nantinya Anda akan mengetahui secara lebih detail mengenai konsep Storage Link Laravel cPanel, berikut ulasannya.

Mengenal Apa Itu Storage Link di Laravel

Sebelum mengetahui cara memanfaatkan Storage Link Laravel cPanel, tentunya Anda wajib memahami definisinya terlebih dahulu. Singkatnya, Storage Link sendiri adalah fitur yang ditawarkan oleh cPanel yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan atau mengintegrasikan penyimpanan cloud dari penyedia layanan penyimpanan. Misalnya saja seperti Google Drive, Dropbox, Amazon S3, dan lainnya ke dalam akun hosting Anda.

Dengan kata lain, nantinya Anda dapat menghubungkan penyimpanan cloud ini dengan ruang penyimpanan di server hosting yang diatur melalui cPanel. Sedangkan Storage Link dalam fitur bawaan Laravel sendiri memungkinkan Anda untuk membuat tautan simbolik (symbolic links). Di mana tautan tersebut berasal dari direktori penyimpanan (storage) ke direktori publik (public). Tentunya hal ini sangat membantu Anda untuk mengakses dan mengelola file-file yang disimpan di dalam direktori storage dari aplikasi Laravel.

Keuntungan Menggunakan Storage Link Laravel Cpanel

Setelah memahami pengertian Storage Link di Laravel, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui apa saja keuntungan menggunakan fitur ini, berikut penjelasan lengkapnya :

1.      Fleksibilitas Penyimpanan

Dengan menggunakan Storage Link Laravel cPanel, Anda dapat memanfaatkan penyimpanan cloud yang tidak terbatas untuk menyimpan data situs web, file cadangan, gambar, dan file lainnya. Ini membantu mengatasi batasan ruang penyimpanan pada server hosting dan memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak data tanpa perlu meng-upgrade paket hosting.

2.      Cadangan yang Aman

Dengan menghubungkan penyimpanan cloud Anda dengan cPanel, Anda dapat mengatur cadangan otomatis situs web dan basis data ke penyimpanan cloud tersebut. Ini memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap kehilangan data akibat kerusakan server atau masalah teknis lainnya.

3.      Akses Jarak Jauh

Dengan penyimpanan cloud terhubung melalui Storage Link Laravel cPanel, Anda dapat dengan mudah mengakses file dan data dari mana saja, asalkan memiliki koneksi internet. Ini sangat berguna jika Anda perlu mengakses atau membagikan file dari perangkat yang berbeda.

4.      Keamanan Data

Penyedia layanan penyimpanan cloud umumnya memiliki fitur keamanan yang kuat, seperti enkripsi data dan otentikasi dua faktor. Dengan menyimpan data penting Anda di penyimpanan cloud yang terhubung, Anda meningkatkan tingkat keamanan data.

5.      Penghematan Biaya

Terkadang, penyimpanan cloud dapat lebih murah daripada meng-upgrade paket hosting hanya untuk mendapatkan ruang penyimpanan tambahan. Anda dapat memilih paket hosting dengan spesifikasi yang lebih sesuai dan mengandalkan penyimpanan cloud untuk kebutuhan penyimpanan tambahan.

Cara Membuat Storage Link Laravel cPanel yang Gampang Diikuti

Pada dasarnya, proses pembuatan symlink cPanel di Laravel ini sangat gampang, berikut beberapa tipsnya :

1.      Login ke cPanel Hosting

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan terlebih dahulu yaitu dengan membuka browser dan masuk ke cPanel hosting sesuai dengan informasi yang diberikan oleh provider terkait. Setelah berhasil login ke cPanel, cari dan akseslah menu “Terminal” atau “SSH”.

2.      Masuk ke Folder Proyek Laravel

Setelah masuk ke terminal, gunakan perintah cd (change directory) untuk berpindah ke direktori proyek Laravel Anda, sebagai contoh berikut kodenya

cd public_html/nama_proyek_laravel

Ganti public_html tersebut dengan direktori root proyek Laravel di hosting Anda dan ubah nama_proyek_laravel dengan nama folder proyek Laravel yang dimiliki.

3.      Buat Symlink dari Folder Storage ke Public

Jika sudah berada di direktori proyek Laravel, masuklah ke dalam folder public dengan mengetikkan perintah sebagai berikut

cd public

Setelah itu, gunakan perintah ln -s untuk membuat symlink (tautan simbolis) antara folder storage dan public/storage dengan contoh :

ln -s ../storage/app/public storage

4.      Aktifkan Storage Link

Apabila symlink sudah berhasil dibuat, Anda wajib tahu bahwa proyek Laravel masih belum benar-benar mengakses file-file di dalam folder storage. Perintah ini akan membuatkan symlink yang lebih kuat sehingga file-file di dalam folder storage/app/public dapat diakses melalui URL publik. Untuk mengaktifkan storage link, jalankan perintah berikut di dalam proyek Laravel :

php public storage:link

Ketika langkah-langkah di atas selesai, file-file di dalam folder storage/app/public sekarang dapat diakses secara publik melalui URL. Misalnya, sebuah gambar yang Anda miliki kini dapat diakses melalui URL seperti http://domainanda.com/storage/namafile.jpg.

Demikian ulasan artikel lengkap mengenai pengertian hingga cara membuat Storage Link Laravel cPanel. Namun, ingatlah selalu bahwa langkah-langkah tersebut mungkin sedikit berbeda, di mana hal ini tergantung pada konfigurasi hosting dan panel kontrol yang Anda gunakan. Jika Anda mengalami kesulitan, sangat disarankan untuk menghubungi tim dukungan hosting tentunya, selamat mencoba ya!