Wajib Tahu, Ini Dia Cara Membuat SMTP di cPanel Hosting Termudah!

Semua orang yang memiliki website pastinya membutuhkan email, baik mengirimkan update CMS, script, permintaan ping, dan lain sebagainya. Untuk menghindari masalah seperti email tidak terkirim atau bounced, SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) ssendiri sebenarnya sangat diperlukan. Melalui artikel ini nantinya Anda akan mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuat SMTP di cPanel hosting untuk memudahkan pengiriman email melalui server.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Apa Itu SMTP

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat SMTP di cPanel, pastinya Anda wajib memahami definisinya agar semakin jelas ke depannya. Singkatnya, SMTP sendiri adalah sebuah protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirim email melalui jaringan.

Tentunya hal ini merupakan salah satu bagian penting dari sistem email karena bertanggung jawab untuk mentransfer pesan dari server pengirim ke server penerima dan akhirnya ke klien email receiver. SMTP juga dapat digunakan untuk mengirim email melalui aplikasi atau situs web yang di-hosting di server cPanel.

Baca Juga : Panduan Lengkap untuk Pemula, Begini Cara Upload Website di cPanel!

Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membuat SMTP di cPanel

Setelah mengetahui apa itu definisinya, kini Anda wajib mengetahui beberapa hal yang wajib diperhatikan terlebih dahulu sebelum melangkah ke cara membuat SMTP di cPanel.

Akun Hosting cPanel yang Valid dengan Akses Administrator

Pastikan bahwa sebelumnya Anda sudah memiliki akun hosting yang terhubung dengan cPanel. Biasanya, Anda akan menerima informasi login cPanel dari penyedia hosting pada saat melakukan proses pendaftaran.

Setelah itu, pastikan juga bahwa akun hosting Anda berada dalam keadaan aktif dan memiliki akses administrator. Hal ini tak lain karena nantinya Anda akan memerlukan izin untuk mengonfigurasi dan mengelola pengaturan di cPanel.

Alamat Email untuk Mengirim Email melalui SMTP

Sebelum mengetahui cara membuat SMTP di cPanel, tentunya Anda perlu memiliki alamat email yang akan digunakan untuk mengirim email tersebut melalui protokol ini. Jika Anda belum memiliki akun email, Anda harus membuatnya terlebih dahulu.

Pastikan juga untuk memilih alamat email yang relevan dan sesuai dengan tujuan penggunaan. Misalnya saja dengan “info@namadomainanda.com” untuk tujuan informasi umum atau “admin@namadomainanda.com” untuk tujuan administrasi.

Informasi Login cPanel (Nama Pengguna dan Kata Sandi)

Ingatlah selalu untuk mengingat informasi login cPanel Anda, termasuk nama pengguna dan kata sandi. Sebab nantinya Anda akan memerlukan kedua detail ini untuk mengakses panel kontrol cPanel. Pastikan untuk menyimpan informasi login ini dengan aman dan jangan memberikannya kepada orang lain untuk menjaga keamanan akun hosting Anda. Jika Anda khawatir tentang keamanan kata sandi, Anda juga dapat mengubahnya melalui opsi yang disediakan di cPanel.

Cara Membuat Email SMTP di cPanel

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tips membuat email SMTP di control panel (cPanel) sendiri sangat mudah, berikut panduannya :

Buka Browser Web Favorit Anda

Cara membuat SMTP di cPanel pertama yang wajib Anda lakukanĀ  yaitu dengan mengetikkan “www.namadomainanda.com/cpanel” di kolom address bar. Gantilah “namadomainanda.com” dengan domain Anda sendiri. Setelah itu ketikkan nama pengguna dan kata sandi cPanel Anda lalu klik tombol “Masuk”. Jika informasi login tersebut benar, nantinya Anda akan langsung diarahkan ke panel kontrol cPanel.

Cari Bagian “Email” atau “Mail”

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya, bagian ini berada di bagian atas atau tengah dashboard cPanel. Di dalam bagian Email atau Mail, Anda akan menemukan pilihan “Email Accounts” lalu klik pada opsi ini untuk membuat akun. Di halaman Email Accounts, klik tombol “Create” atau “Buat” (tergantung pada tampilan cPanel) untuk membuat akun email baru.

Isi Detail Akun Email

Masukkan nama pengguna untuk akun email (misalnya, “nama@domainanda.com”). Pilih domain yang sesuai dengan alamat email Anda dari daftar pilihan yang tersedia di cPanel. Tentukan dan konfirmasi kata sandi untuk akun email setelah itu atur kuota penyimpanan email (opsional). Lakukan konfigurasi pada Server Outgoing Mail (SMTP) di menu cPanel.

Jika sudah, cara membuat SMTP di cPanel selanjutnya yaitu dengan mengisikan Informasi SMTP dengan memasukkan alamat server SMTP penyedia hosting Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan informasi ini di panduan hosting atau menghubungi dukungan mereka. Jika sudah, lakukan konfigurasi pada port SMTP.

Umumnya port standar untuk SMTP adalah 25, namun beberapa penyedia hosting mungkin menggunakan port alternatif seperti 587 atau 465. Periksa panduan penyedia hosting Anda untuk informasi lebih lanjut. Jika diperlukan, aktifkan pilihan otentikasi SMTP dan masukkan kredensial email yang sesuai.

Simpan Pengaturan

Setelah mengisi detail SMTP dengan benar, klik tombol “Save” atau “Simpan” untuk menyimpan pengaturan Anda. Verifikasi Pengiriman Email Anda dengan mencoba mengirim email dari akun email yang baru Anda buat tersebut untuk memastikan bahwa pengaturan SMTP berfungsi dengan baik.

Nah, itulah ulasan artikel lengkap mengenai berbagai macam cara membuat SMTP di cPanel. Namun, perlu diingat bahwa langkah-langkah ini dapat bervariasi tergantung pada penyedia hosting dan versi cPanel yang digunakan. Jika Anda mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, pastikan untuk merujuk ke dokumentasi resmi cPanel atau menghubungi dukungan teknis dari penyedia hosting ya!

Baca Juga : Jangan Sampai Menyesal, Ketahui Cara Memilih Free Cloud VPS yang Tepat Melalui Ulasan Berikut Ini!