5 Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server VoIP Adalah? Cek Listnya…

Hingga saat ini masih banyak yang belum tahu aplikasi untuk membuat server VoIP. Padahal aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP adalah aplikasi yang cukup populer. 

Aplikasi tersebut seperti FreeSWITCH, Arterisk dan masih banyak lagi. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan command prompt atau terminal yang justru ribet. 

Apalagi bagi Anda yang seringkali membuat server VoIP, maka harus menggunakan aplikasi yang simpel dan menghemat waktu. Untuk mengetahui apa saja aplikasi tersebut, Anda bisa menyimak penjelasan ini. 

Mengenal Lebih dalam tentang Server VoIP

Secara sekilas, aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP adalah FreeSWITCH dan Asterisk. Padahal tidak hanya itu saja, masih ada banyak aplikasi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat server VoIP. 

Namun, sebelum mengetahui apa saja aplikasinya, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan VoIP? Secara umum, VoIP adalah singkatan dari Voice Over Internet Protocol.

VoIP merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan IP (Internet Protocol) untuk menyediakan komunikasi suara secara real time. VoIP memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan internet bisa bekerja dengan maksimal.  

Biasanya, untuk menjalankan server VoIP harus menggunakan sistem operasi yang ada di PC. Salah satu rekomendasi sistem operasi tersebut adalah Ubuntu yang termasuk OS cukup fleksibel untuk menjalankan paket Asterisk. 

Secara historis, VoIP menggunakan IP (Internet Protocol) untuk menghubungkan PBXs (Private Branches exchange). Namun, sekarang istilah tersebut sudah berganti dengan IIP Telephony. 

Lalu, apakah perubahan istilah tersebut juga membuat tujuan pengaktifan VoIP menjadi berubah? Tidak. Tujuan pengaktifan VoIP masih sama yaitu untuk menyampaikan komunikasi suara lewat internet, WAN, maupun LAN. 

Baca juga: Rekomendasi Free Windows VPS Terbaik Tanpa Kartu Kredit

Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server VoIP Adalah…

Sekarang ini adanya aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP adalah cara paling cepat dan simpel. Karena Anda tidak perlu lagi menggunakan command prompt atau terminal. 

Lantas, apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini terdapat 5 aplikasi untuk membuat server VoIP. 

1. FreeSWITCH

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP adalah aplikasi FreeSWITCH. Memang FreeSWITCH bukan aplikasi satu-satunya, namun termasuk yang terbaik.

FreeSWITCH merupakan aplikasi yang dulunya berbasis Asterisk dan dikembangkan oleh Brian West, Anthony Minessale II dan Michael Jerris. 

FreeSWITCH lebih terfokus pada modulatory dengan menggunakan tambahan teknologi dukungan lintas platform. Serta adanya stabilitas dan skalabilitas yang akan mendukung pengguna dalam menciptakan UC suite nya sendiri. 

FreeSWITCH juga dapat terintegrasi dengan mudah menggunakan platform PBX lainnya. Bukan hanya itu saja, namun FreeSWITCH juga mendukung WebRTC, SIP serta H.323. 

FreeSWITCH adalah aplikasi yang menyediakan pustaka software secara terbuka atau open source. Sehingga akan memudahkan para pengguna dalam mengoperasikan sistem yang kompleks. 

2. Elastix

Selanjutnya ada aplikasi Elastix yang menyediakan fitur integrasi dengan WebRTC Video Conferencing, adanya Call Center. Serta kemudahan akses ke smartphone Client baik Android maupun iOS. 

Elastix adalah aplikasi berbasis PBX yang dibuat oleh 3CX dan termasuk aplikasi gratis yang sudah terintegrasi WebRTC. Bahkan, aplikasi Elastix sudah menggunakan sistem UC dengan dukungan gateway, telepon IP dan SIP trunks. 

3. FreePBX

FreePBX merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP gratis dan bersifat open source. Adanya interface pengguna gratis berbasis website atau GUI memungkinkan FreePBX untuk memudahkan para pengguna dalam mengelola sistem. 

Pada dasarnya, FreePBX juga menggunakan sistem berbasis Asterisk. Ada banyak fitur aplikasi FreePBX yang sama seperti software untuk membuat server VoIP lainnya.

Sehingga, jika pengguna masih belum memiliki FreePBX versi GUI, maka bisa menambahkan versi GUI-nya saja ke versi yang sudah ada. 

4. Solarwinds

Aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP adalah aplikasi yang dapat memberikan banyak kemudahan. Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi Solarwinds. 

Solarwinds merupakan aplikasi dengan biaya yang cukup murah namun, tetap menjamin kecepatan dan kondisi stabil saat digunakan. 

Anda juga bisa mendapatkan fitur email trial untuk pembelajaran dan pemantauan software dari tim expert. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk para pemula yang baru terjun ke dunia server VoIP. 

Baca juga: Email Server Adalah? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

5. Asterisk

Terakhir ada Asterisk, aplikasi yang termasuk software pertama dari seluruh aplikasi penyedia server VoIP dan PBX open source yang ada. Meskipun sudah rilis sejak lama, namun hingga saat ini Asterisk masih beroperasi dan menjadi software VoIP berbasis open source terbaik. 

Hal ini karena penggunaan alat Asterisk di dominasi oleh perusahaan-perusahaan besar dunia. Selain itu, ada banyak fitur dari Asterisk seperti distribusi panggilan otomatis, panggilan konferensi, respon suara interaktif dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan aplikasi Asterisk, semua komputer bisa berubah menjadi server komunikasi terpadu. 

Aplikasi yang digunakan untuk membuat server VoIP adalah aplikasi paling simpel dan canggih yang akan memberikan kemudahan. Kelima aplikasi tersebut bisa Anda gunakan secara gratis sehingga cocok untuk pemula untuk mengasah kemampuan. 

Mau update informasi seputar teknologi hosting? Ikuti terus hostingterbaik.co.id