Tahukah Sobat Apakah Yang Dimaksud Dengan Web Hosting? Di Sini Dikupas Tuntas tentang Hal Tersebut

Tahukah Anda apakah yang dimaksud dengan web hosting? Nah, sebelum Anda mulai membangun website, seharusnya Anda harus paham terlebih dahulu apa itu web hosting serta perannya bagi website yang akan Anda buat.

Website adalah platform media yang berisi informasi-informasi penting di internet. Dan bisa dipastikan website semacam ini bertebaran di mana-mana dan jumlahnya mencapai jutaan media. Itu artinya, website memang telah menjadi media baru yang sangat disukai oleh masyarakat millenial. Pertanyaannya kembali adalah apa itu web hosting dan apa perannya bagi website.

Ini Ternyata Definisi Web Hosting

Kalau ada pertanyaan apakah yang dimaksud dengan web hosting, maka jawabannya adalah sebuah platform yang di dalamnya berisi seluruh sumber daya pembuatan website. Termasuk file atau data yang harus Anda masukkan demi lahirnya sebuah website dengan tampilan yang menarik.

Baca Juga: Oh Ini Ternyata Kelebihan Menggunakan Cloud Storage Untuk Membagikan File Ke Orang Lain, Simak Ya!

Bisa dipastikan website tidak akan bisa dibuat, kalau Anda tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu. Nah, aplikasi ini juga akan tersimpan di dalam server yang sudah dilengkapi dengan layanan web hosting.

Tentunya Anda juga membutuhkan website yang terjaga dengan baik serta memiliki performa tinggi. Nah, untuk keinginan tersebut maka tidak boleh tidak penyedia layanan server juga harus menyertakan fitur security system dan fitur Setting RAM yang ideal. Nah, fitur-fitur ini juga tersimpan di dalam web hosting. Dari sini sudah jelas apa itu peran web hosting bagi website dan pengertiannya.

Jenis Layanan Web Hosting

Ada banyak layanan web hosting yang perlu diketahui oleh Anda. Sehingga dari ini Anda akan semakin tahu bagaimana vitalnya peran platform ini bagi terbangunnya sebuah website. Ini dia layanan yang dimaksud:

1. File Storage

Jawaban dari pertanyaan apakah yang dimaksud dengan web hosting adalah sebuah platform penyimpan data website. Nah, terkait dengan hal ini, maka layanan yang disediakan oleh web hosting yang pertama adalah file storage atau media penyimpan data tersebut.

File storage di web hosting memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada drive dan harddisk. Sebab, data yang harus disimpan di sana juga lebih banyak dengan varian format yang lebih beragam. Nah, kalau Anda ingin file storage yang bagus, maka pilih saja penyedia web hosting yang juga bagus.

2. Security System Tools

Apakah Anda sudah tahu apakah yang dimaksud dengan web hosting? Maka jawaban berikutnya ialah sebuah platform yang berisi fitur-fitur pengaman data website. Dari pengertian ini bisa dikonklusikan kalau web hosting juga menyediakan layanan security system tools.

Baca Juga: Virtual Private Cloud Adalah: Pengertian, Keuntungan dan Teknologi yang Digunakan

Sedangkan fungsi dari layanan ini ialah untuk mencegah terjadinya peretasan website dari hacker yang tidak bertanggungjawab. Dan pada umumnya, di layanan ini juga dipersiapkan aplikasi antivirus dan anti spam yang bisa digunakan secara gratis. Nah, dari ini Anda pasti sudah paham mengapa web hosting perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum website.

3. Domain Website Tools

Setiap blogger pasti membutuhkan alamat atau address dari website-nya. Nah, layanan ini disebut dengan domain yang bisa Anda dapatkan jika sebelumnya harus menyewa layanan web hosting terlebih dahulu. Nah, kalau sudah selesai baru Anda memilih alamat baik yang berupa IP Address maupun Link Domain Site.

Itu artinya web hosting juga menyediakan layanan domain website. Yang mana nantinya alamat tersebut bisa Anda share ke media sosial supaya banyak calon viewer yang bisa melihatnya. Bisa dipastikan layanan inilah yang menjadi prasyarat website Anda bisa berkembang dengan pesat.

4. Control Panel Setting

Pertanyaan apakah yang dimaksud dengan web hosting ternyata sudah dijawab yang salah satunya untuk membangun sebuah website. Nah, pastinya sebelum website terbangun Anda harus melakukan setting atau pengaturan terlebih dahulu dan harus dilakukan melalui web hosting.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena web hosting juga menyediakan layanan control panel website yang bisa diaktifkan dengan mudah. Anda tinggal memilih melakukan pengaturan sendiri atau meminta bantuan admin penyedia. Untuk saat ini, control panel site yang terbaik adalah Cpanel.

Penyedia Layanan Web Hosting yang Populer

Ada banyak penyedia layanan web hosting yang populer. Di antaranya Niagahoster, Dewaweb, Amazon dan Hosting web. Semuanya mengusung web hosting dengan layanan yang super lengkap.

Sekalipun banyak penyedia, tetapi Anda harus tetap selektif ketika memilihnya. Paling tidak pilihlah yang memiliki testimoni serta bersedia untuk menyewakan layanan web hosting dengan biaya sewa yang murah. Jadi, tunggu apalagi, silakan pilih layanan sekarang juga.

Sekarang Sudah Tahu Bukan Apakah Yang Dimaksud Dengan Web Hosting?

Pastinya Anda sekarang sudah tahu apa itu web hosting. Termasuk apa fungsi dan perannya bagi perkembangan sebuah website. Dari sini pula bisa disimpulkan kalau website tanpa web hosting mustahil bisa didirikan.

Maka dari itu sesuai dengan jawaban dari pertanyaan apakah yang dimaksud dengan web hosting, maka silakan mulai menggarap website sekarang juga lalu letakkan di web hosting yang sudah Anda gunakan. Dijamin website Anda akan cepat berkembang dan maju.