Apa Itu Free Cloud MySQL Database? Ini Penjelasan Lengkapnya

Free cloud MySQL database adalah salah satu sistem manajemen basis data open source paling awal yang tersedia. Sistem ini dikembangkan oleh MySQLAB pada pertengahan 1990-an. Meski banyak variasi, sintaksis dan fungsi dasarnya tidak berbeda.

Tentang MySQL Database

Free cloud MySQL database adalah salah satu database open source paling populer yang digunakan oleh pengembang web, ilmuwan data, dan praktisi informasi. Oleh karena itu, Mysql selalu melakukan update terbaru untuk memudahkan para developer.

Mysql dipilih sebagai server basis data bukan hanya karena fitur dan manfaat Mysql, tetapi juga karena Mysql menawarkan fleksibilitas tertentu dalam teknologi yang digunakan oleh pengembang aplikasi, baik PHP, Java, C++ dan antarmuka serta driver khusus lainnya untuk setiap. teknologi

Selain itu, free cloud MySQL database juga dapat digunakan pada berbagai platform di berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, dan Unix. Jadi transfer informasi antar sistem sangat mudah.

Baca juga: Rekomendasi VPS Murah, Hemat Budget

Fungsi MySQL

Secara umum, peran free cloud MySQL database adalah mengelola dan membuat server yang menampung berbagai data dalam bahasa SQL. Dalam ilmu data, fungsi MySQL lainnya digunakan untuk membuat kueri kumpulan data besar agar memudahkan pengguna mengakses kumpulan data tersebut sebagai string atau teks.

Ini akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang basis data relasional dan menguasai dasar-dasar ilmu data, mendeteksi nilai yang hilang dan mendeteksi NULL dan format rekaman. Dengan bantuan filter, agregasi, penggabungan, bahasa SQL, Anda dapat bermain dengan kumpulan data dengan sangat baik.

Cara Kerja MySQL

Cara kerja free cloud MySQL database dimulai dari perangkat yang ingin digunakan, harus terhubung ke server. Satu atau lebih perangkat yang terhubung ke server dapat membuat permintaan dari antarmuka pengguna grafis (GUI) di layar, dan server menghasilkan keluaran yang diinginkan. Jadi proses yang berjalan atau terjadi di MySQL kurang lebih seperti ini:

  1. MySQL membuat database yang dapat memanipulasi dan menyimpan data serta menentukan hubungan antar tabel dalam perangkat lunak.
  2. Setelah itu, perangkat pengguna membuat permintaan dengan perintah tertentu menggunakan bahasa SQL.
  3. Terakhir, server menerima dan mengeksekusi perintah. Kemudian masukkan atau tampilkan informasi yang diminta oleh pengguna di layar.
  4. Antarmuka pengguna grafis yang lebih ringan dan mudah digunakan, semakin cepat dan mudah memiliki fungsi manajemen data. Beberapa GUI MySQL yang paling populer adalah MySQL WorkBench, SequelPro, DBVisualizer, Alat Admin DB Navicat dan alat HeidiSQL gratis. Namun, phpMyAdmin sering digunakan untuk pengelolaan basis data berbasis web.

Baca juga: 7 Rekomendasi Software Edit Website yang Bisa Digunakan

Kelebihan MySQL

Jika Anda masih ragu menggunakan MySQL, ada baiknya Anda mengetahui beberapa manfaat free cloud MySQL database berikut ini. Kelebihan MySQL adalah :

1. Open Source

MySQL adalah sistem manajemen basis data terbuka. DBMS ini gratis. Tapi performanya masih bagus. Jangan khawatir jika Anda mengalami kebingungan atau masalah saat menggunakannya  karena MySQLsudah ada dokumentasi dan komunitas yang dapat membantu Anda.

2. Keamanan Terjamin

Free cloud MySQL database adalah sistem database open source dengan sistem keamanan yang baik. MySQL memiliki lebih dari satu tingkat keamanan, misalnya tingkat nama host hingga subnet mask. Selain itu, MySQL juga menawarkan enkripsi kata sandi tingkat lanjut untuk melindungi data Anda.

3. Memori yang dibutuhkan tidak terlalu besar

MySQL adalah sistem manajemen basis data yang tidak membutuhkan banyak RAM.

4. Bisa multi user

Keuntungan yang tidak begitu penting dari MySQL adalah DBMS ini mendukung banyak pengguna atau dapat digunakan oleh banyak pengguna pada saat yang sama tanpa takut crash pada proyek yang sedang diproses.

5. Dukungan untuk bahasa pemrograman lain

MySQL juga mendukung bahasa pemrograman selain bahasa pemrograman SQL itu sendiri, sehingga proses pengembangan web yang membutuhkan bahasa pemrograman berbeda dapat berjalan lebih efisien dengan bantuan sistem manajemen basis data berikut ini.

6. Mendukung berbagai data

Anda juga harus tahu tentang kelebihan MySQL bahwa DBMS ini mendukung semua jenis data mulai dari teks, tanggal, karakter, floating point dan lain-lain. Tentunya hal ini sangat membantu dalam pengelolaan database server pada website atau aplikasi yang sedang Anda kembangkan.

7. Struktur tabel yang fleksibel

MySQL memiliki struktur tabel yang sedikit lebih mudah digunakan dan cukup fleksibel, terutama pada saat proses ALTER TABLE.

Kekurangan MySQL

Sayangnya, meskipun free cloud MySQL database memiliki banyak kelebihan dan terlihat sangat berguna bagi para praktisi data, MySQL tetap memiliki kekurangan. Selain kelebihan, pengguna tentunya juga harus mempertimbangkan kekurangan tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakan MySQL. Di antaranya adalah:

  1. Lemahnya kemampuan mengelola database dalam jumlah besar
  2. Sangat tidak cocok untuk game dan aplikasi seluler
  3. Karena open source, dukungan teknisnya tidak terlalu bagus  

Nah, itulah penjelasan mengenai free cloud MySQL database yang harus Anda ketahui. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda.

Apakah artikel ini bermanfaat? Cek juga artikel menarik lainnya dari hostingterbaik.co.id.